Di Acara Milad ke- 11 SMKN 1 Japara, Nanan Abdul Manan Ajak Para Guru Perkuat Digital Branding

Diundang langsung oleh pihak sekolah, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Nanan Abdul Manan hadir bertatap muka dengan para guru atau keluarga besar SMKN 1 Japara untuk mengisi Up Greading dalam rangka memperingati Milad ke- 11 SMKN 1 Japara, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan, Jumat (19/2/2021).

Bertempat di Masjid SMKN 1 Japara, segenap keluarga besar dari mulai staf, guru dan karyawan telah berkumpul sejak pagi, guna mengikuti rangkaian acara refleksi milad. Dan inti dari acara milad adalah penyampaian materi Up Greading oleh Nanan Abdul Manan.

Dalam paparannya, Nanan ajak para guru agar bisa bersinergi dan kolaborasi untuk memajukan sebuah lembaga. “Kenali diri kita dan kenali kelebihan dari kita, kemudian kita juga harus merasa memiliki dan mencintai kepada sekolah ini.”

Bahkan, “Taat kepada regulasi atau aturan yang ada di lembaga menjadi tolak ukur kemajuan SDM,” jelasnya.

Di era saat ini keutamaan digital branding sebagai keniscayaan yang tidak bisa dielakan oleh siapapun. “Kalau SMK Japara ingin melejit harus memaknai digital sebagai branding utama dalam indikator kemajuan, Menimbang saat ini kemajuan teknologi digital begitu pesat dan menjadi tuntutan kita dalam segala bidang,” tegas Nanan.

Terlebih lagi saat ini setiap kita tidak bisa terlepas dari namanya gadget dan internet, dimana mereka lebih banyak menghabiskan waktu mereka di dunia maya dibandingkan dunia nyata. Ini harusnya menjadi peluang bagi sekolah dengan memanfaatkan digital branding untuk mempromosikan sekolah menjadi sekolah unggulan.

Ketua STKIP juga menyinggung soal kurikulum sekolah, menurutnya, implementasi kuriklum SMK harus berbasis luaran atau relevan dengan kebutuhan siswa setelah mereka lulus dari SMK.

Upaya yang bisa dilakukan oleh guru yaitu analisis kebutuhan dulu sebelum melakukan pelajaran. Lalu, kompetensi yang diajarkan adalah sesuaikan dengan kebutuhan siswa itu sendiri.

Kalau mau maju bersama, tumbuhkan komitmen, kesadaran dalam kebersamaan, kesadaran untuk melakukan keberanian, pesan Nanan, disambut dengan tepuk tangan peserta. (asa)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *